BANYUMAS SEKILAS

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak disebelah Barat Daya & merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah diantara letak garis bujur timur 108° 39′ 17” sampai 109° 27′ 15” & diantara garis lintang selatan 7° 15′ 05” sampai 7° 37′ 10” yang berarti berada di belahan selatan garis khatulistiwa. Batas-batas Kabupaten Banyumas adalah :

Utara: Gunung Slamet, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang

Selatan: Kabupaten Cilacap

Barat: Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes

Timur: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara.

Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 ha, dengan keadaan wilayah antara daratan & pegunungan dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman & pekarangan, dan seba-gian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak dilereng Gunung Slamet sebelah selatan. Bumi & kekayaan Kabupaten Banyumas masih tergolong potensial karena terdapat pegunungan Slamet dengan ketinggian puncak dari permukaan air laut sekitar 3.400M & masih Aktif. Keadaan cuaca & iklim di Kabupaten Banyumas karena tergolong dibelahan selatan khatulistiwa masih memiliki iklim tropis basah. Demikian Juga karena terletak diantara lereng pegunungan jauh dari permukaan pantai/lautan maka pengaruh angin laut tidak begitu tampak, namun dengan adanya dataran rendah yang seimbang dengan pantai selatan angin hampir nampak bersimpangan antara pegunungan dengan lembah dengan tekanan rata-rata antara 1.001 mbs, dengan suhu udara berkisar antara 21,4° C – 30,9° C.

Kabupaten Banyumas berdiri pada : Jum’at Kliwon tanggal : 6 April 1582 atau bertepatan dengan tanggal 12 Robiulawal 990 Hijriah. Pendiri Kabupaten Banyu-mas adalah Raden Joko Kahiman yang kemudian menjadi Bupati Pertama dengan julukan atau gelar Adipati MARAPAT (MRAPAT). Dari sejarah terungkap bahwa R. Joko Kahiman merupakan SATRIA yang Luhur Budi Pekertinya dan bisa menjadi teladan segenap warga Kabupaten Banyumas karena mencerminkan: Sifat Altruistis yaitu tidak mementingkan diri sendiri. Merupakan Pejuang Pembangunan yang Tangguh, Tanggap, dan Tanggon. Pembangkit Jiwa Persatuan & Kesatuan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Banyumas No.130/1207/1988 tanggal 13 Desember 1988, moto & ethos kerja Pemerintah Kabupaten Banyumas adalah SATRIA (Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, Aman).

Banyumas dikenal dengan berbagai predikat sebagai:

Pusat Budaya Banyumasan: Banyumas yang berbatasan dengan Jawa Barat yang dikenal dengan Budaya Sunda & Tepian Jawa Tengah yang berbahasa Jawa menjadikan Banyumas memiliki kelebihan Bahasa & Budaya Banyumasan.

Daerah/ Kota Perjuangan : Semenjak Masa Pergerakan kebangsaan Indonesia, Banyumas tidak pernah ketinggalan & secara runtut ikut Andil dalam perlawanan terhadap penjajah Belanda. Banyumas melahirkan SATRIA Banyumas, seperti -Panglima Besar Jenderal Soedirman dan Jenderal Gatot Subroto.

Kota Pendidikan : Banyumas memiliki banyak Perguruan Tinggi, antara lain Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Universitas Wijaya Kusuma (UNWIKU), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-Satria), POLITEKNIK PRATAMA PURWOKERTO, Akademi Management Informatika & Komputer (AMIK-Veteran), Sekolah Tinggi Ilmu Agama, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), STIMIK “Widya Utama”, Akademi Teknik Wiworotomo.

Kabupaten Banyumas merupakan daerah tujuan Wisata yang mempunyai obyek-obyek menarik untuk dikunjungi antara lain berupa tempat Wisata Alam, Atraksi Wisata, & Budaya.

Cara Pencapaian:

Untuk mencapai daerah Banyumas dapat menggunakan transportasi darat yang dapat dilakukan dengan berbagai Armada Angkutan Darat: Kereta Api, Bus Antar Propinsi, Bus Antar Kota yang menghubungkan Kota-Kota diseluruh Pulau Jawa terutama tujuan Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: